Jumat, 26 Oktober 2012

Sumber penghasilan online dari adsense

Mengenal adsense milik google

tentang-adsense

Suatu kali terjadi dialaog antara Guru dengan siswa kelas IX disekolah, pada saat itu topik bahasannya adalah blog, mungkin sebagian siswa sudah pernah mendengar tentang cari uang dari internet, maka mereka bertanya pada Guru:

Siswa : Pak! "dengar-dengar katanya saat ini bisa menghasilkan uang lewat blog, maksudnya gimana sih pak?
Guru : Sebenarnya ada banyak cara menghasilkan uang dari internet anak-anak, namun mengingat usia kalian masih mudah dan topik bahasan kita kali ini adalah mengenai blog maka pak guru akan menjelaskan tentang Iklan

Penjelasan sang guru :
Didalam dunia internet layaknya dunia nyata, ada proses jual beli, ada yang buka toko, ada yang buka perusahaan, warung, dll nah tentunya ketika mereka buka usaha mereka memerlukan promosi, "lewat apa?" tentu saja lewat iklan! jadi sama halnya dengan dunia online (internet) ada banyak business disana, jadi ada 2 cara memanfaatkan blog sebagai sumber menghasilkan uang

1. Menyediakan space (kolom) untuk memasang iklan seperti www.cerdaskom.com milik bapak, tapi itu bisa kalian lakukan apabila pengunjung blog kalian sudah lebih dari 500 visitor/hari, kalau belum jangan lakukan dipastikan tidak akan ada yang tertarik memasang iklan di blog milik kalian

2. Memasang iklan milik orang lain, ketika iklan tersebut di klik maka kamu akan dapat komisi. Di indonesia saat ini ada banyak yang menyediakan hal seperti ini seperti kliksaya.com, adsensecamp.com, sitti.co.id, ppcindo.com, dll tapi pak guru tidak akan menjelaskan hal-hal diatas sama kalian, pak guru hanya akan menjelaskan tentang adsense!

Siswa :Memangnya adsense itu apa pak, trus kenapa harus adsense ?
Guru : Adsense adalah Kerjasama dengan google untuk memasang iklan milik google di blog kita. Kenapa harus adsense?, alasannya google sudah sangat terkenal dan terbukti membayar serta paling relevan memberikan komisi dalam bentuk dollar, dibandingkan milik indonesia. Memang sih pak guru tidak akan melarang kalian untuk memakai iklan indonesia silakan saja dicoba!
Siswa : lalu syaratnya apa pak supaya bisa dipasang iklan milik google (adsense) di blog kita
Guru : Mudah saja anak-anak!

1. Buat dulu blog kamu
2. pastikan blog kamu sudah bagus tampilannya, ibarat melamar kerja kan ngak mungkin tidak rapi nanti ditolak, jadi sama juga kamu harus menata blog kamu supaya rapi dan kelihatan bagus
3. Kalau di dunia nyata semakin banyak pengalaman semakin bagus untuk di terima kerja, nah kalau di dunia online semakin banyak artikelnya di blog semakin bagus untuk diterima adsense, tapi ingat anak-anak artikelmu tidak boleh ada unsur pornografi, kata-kata kasar, penjualan barang ilegal atau software-software ilegal
4. Tunggu saja 1 atau 2 bulan blog kamu mulai dikenal orang, sekalian jangan lupa mendaftar di alexa dan histats serta web master google, petunjuknya banyak di internet

Siswa : Lama betul pak nunggu 2 bulan !
Guru : yah namanya juga usaha yah harus sabar anak-anak, oh yah sebenarnya kalau blog kamu pakai bahasa inggris lebih mudah disetujui, maklum saja nak googlenya ngak ngerti bahasa indonesia.
Siswa : Yah... pak, saya ngak bisa bahasa inggris, lalu gimana pak!
Guru : Bisa saja diterima, tapi lebih sulit mungkin om googlenya perlu cari asisten untuk menterjemahkan blog kamu, makanya lama disetujui malah kadang-kadang ditolak tapi kalau blog kamu bagus pak guru yakin pasti diterima diterima!

Berikut ini Istilah-istilah dalam adsense
Ad Blocker : Software dalam browser yang berfungsi mencegah tampilnya banner, Pop-up dan iklan-iklan interaktif lainnya.
Ad Copy :  Naskah iklan seperti halnya di koran, naskah inilah yang nantinya di tampilkan pada blog kita
Ad Impression / View : Tampilan iklan yang dilihat oleh pengunjung web pada webpage, newsletter atau email. Di Internet ada banyak perusahaan yang menjual iklan berdasarkan banyaknya tampilan. Misalnya ada perusahaan yang menjual space iklan “$100 for 12,000 impression”. Artinya, dengan harga $100 iklan kita akan ‘tampil’ atau ‘dilihat’ 12,000 kali oleh pengguna internet. Ingat, 12,000 kali ini bukan berarti dilihat oleh 12,000 orang yang ‘berbeda’. Bisa saja satu peungunjung melihat iklan kita beberapa kali dengan cara ‘me- refresh’ halaman situs, itu pun dianggap impression baru.
Ad Space : ‘Ruang iklan’ dalam blog kita, mau yang ukuran berapa 300x250, 468x60, dll
Affiliate: Orang yang membantu menjualkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang mereka hasilkan.
Affiliate Agreement : Sebuah dokumen kontrak antara seorang affiliate dan seorang merchant (pemilik produk/jasa). Biasanya di dalamnya terdapat syarat dan ketentuan sebuah hubungan bisnis. Dokumen ini merupakan perjanjian legal yang mengikat.
Affiliate Fraud : Kegiatan ilegal yang dilakukan seorang affiliate untuk menghasilkan uang.
Affiliate Marketing : Pemasaran yang dilakukan seorang affiliate untuk memasarkan produk/jasa di internet.
Affiliate Program : Sebuah model bisnis yang membayar komisi kepada seseorang yang berhasil mendapatkan penjualan untuk merchant (pemilik produk/jasa) melalui link khusus.
Affiliate URL / Affiliate Link : Link khusus yang berisi kode tertentu untuk bisa mengenali; hasil penjualan, atau prospek milik seorang affiliate.

Catatan : Informasi istilah-istilah diatas berdasarkan kamus internet

Bel sekolah berbunyi :
Guru : Sampai jumpa di pertemuan berikutnya, pak guru akan membahas cara mendaftar dan memasang iklan adsense ?

Murid : Yah tanggung benar pak, sudah ngak sabaran nih, selamat siang pak!

Guru : Selamat siang anak-anak, Jika ada yang kurang jelas silakan ditanyakan di kolom komnetar saja yah!

0 komentar:

Posting Komentar

™Sebagai pengunjung yang baik berilah komentar di bawah iini untuk menambah kemajuan blog ini™
Atas komentarnya saya ucapkan Trimakasih.

TTD

Admin

 
Copyright © 2011. 3 Sekawan News . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates